Menabung Hal-Hal Kecil

Investment / 13 January 2010

Kalangan Sendiri

Menabung Hal-Hal Kecil

Daniel Official Writer
3571

Ubah cara berpikir Anda, jika Anda menganggap menabung harus dalam jumlah yang besar. Banyak hal kecil yang bisa Anda lakukan untuk menambah tabungan Anda, antara lain sebagai berikut :

1. Bayar tagihan-tagihan dengan kartu debit. Semakin sedkit uang tunai di tangan Anda diharapkan semakin besar penghematan yang Anda lakukan.

2. Belanja online. Apabila jarak rumah Anda cukup jauh dari rumah Anda, belanja online bisa menjadi pilihan Anda untuk menghemat ongkos perjalanan, entah untuk naik angkutan umum ataupun biaya bensin mobil pribadi.

3. Kumpulkan receh. Jangan meremehkan uang receh karena uang receh yang Anda kumpulkan setiap hari di celengan Anda akan berubah menjadi ratusan ribu setelah setahun Anda simpan.

4. Selalu sisihkan 10 persen di ATM Anda. Bila Anda rajin melakukannya, tanpa terasa, jumlahnya akan bertambah.

5. Bawa bekal ke kantor. Sesekali cobalah membawa bekal makan siang Anda dari rumah dan Anda menghemat uang makan Anda.

6. Coba mengunakan kendaraan umum. Daripada memakai uang Anda untuk biaya bensin dan parkir, sesekali naik kereta api dalam kota atau bus Transjakarta dalam waktu seminggu dan lihat selisih uang Anda yang akan tersisa.

7. Bikin kopi sendiri. Anda hobi sekali minum kopi. Tetapi tak perlu selalu pergi ke coffee shop kan, setiap kali ingin menikmati kopi. Ciptakan racikan kopi ala Anda, budget puluhan ribu untuk membeli kopi kan bisa ditabung.

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami